Beternak kelinci

beternak kelinci

beternak kelinci

Ada beberapa cara untuk beternak kelinci.
slah satunya menggunakan media kandang kawat dan menggunakan media kandang tanah.

1. Menggunakan media kandang kawat
Caranya: Buatlah media kandang kawat dengan panjang terserah yang diinginkan mau p= 1meter dengan lebar 1,5 meter pun bisa kita memelihara seekor kelinci.Dengan didnding kawat dan lantai beralaskan bambu. Yang terpenting didalam kandang ada tempat persembunyian seekor kelinci.Awalnya kita masukkan kedalam kandang sepasang kelinci.Apabila kelinci betina sudah kawin, segera pisahkan kelinci jantan dengan betina. Usahakan kandang kelinci jangan terlalu bersih, hal ini agar induk kelinci dapat mudah mengumpulkan sampah rerumputan bekas makanan nya,sebagai sarang untuk melahirkan.
Apabila si anak kelinci sudah lahir, usahakan sekeliling kandang ditutup dengan kain ataupun goni, agar kelinci indukan tidak malu untuk meyusui.

2. Menggunakan media kandang tanah
Caranyaa: Buatlah media kandang tanah dengan ukuran sesuka kalian.Yang terpenting sekeliling kandang ditutupi dengan jaring atau pun bambu. Awalnya masukkan induk kelinci yang sudah dikawinkan dengan kelinci jantan. Pabila masa induk kelinci mau melahirkan, si induk kelinci akan mengali tanah atau pun meng-erong di dalam tanah untuk tempat melahirkan anaknya. Anak kelinci sekali melahirkan biasanya 6 sampai 11. Lihat-lihat induk kelinci nya. Kalau induk kelinci besar kemungkinan anak kelinci akan banyak dalam melahirkan.Biasanya induk kelinci akan melahirkan selama sebulan setelah masa kawin. Pabila anak kelinci telah lahir,,, jangan sampai dipegang oleh tangan, Karena induk kelinci tidak akan menyusui anaknya.

Nah, itu beberapa cara beternak kelinci, kalau saya seh menggunakan media kandang tanah, karena lebih efektif dan mengurangi resiko kematian anak kelinci.Nah sekarang tinggal anda pilih, cara yang mana. Semoga dapat membantu,,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s